Sabtu, 15 September 2012

Belajar dari Pengalaman


Di semester 5 ini, saya mengambil mata kuliah psikologi sosial menyimpang. Pada susunan jadwal akademik yang sudah beredar, mata kuliah itu diampu oleh Bu Rika. Gosip-gosipnya nih, kalau bu Rika yang mengajar maka akan banyak pertanyaan yang diberikan oleh beliau. Selain itu juga ada konsekuensinya kalau kita tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh bu Rika maka Bu Rika tidak akan segan-segan untuk mengeluarkan kita dari kelasnya. Hal inilah yang membuat seluruh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut harus belajar extra dalam memahami pembahasannya, yaa kalau nggak mau diusir dari kelas J Selain itu, gossip yang beredar juga mengatakan kalau ada aura yang tidak biasa yang membuat para mahasiswa sedikit “deg-degan” kalau kuliah dengan bu Rika. Namun, setelah 2 kali pertemuan dengan mata kuliah ini, bu Rika belum pernah mengajar di kelas saya. Tetapi yang pasti, gossip yang beredar itu membuat para mahasiswa lebih serius lagi dalam belajar.
*Tulisan ini tidak bermaksud menjelekan seseorang ataupun kelompok, semua ini ditulis hanya untuk kepentingan pembelajaran.

Setelah menganalisis pengalaman yang telah dituliskan di atas. Dapat diambil beberapa teori pembelajaran dari Robert Gagne, diantaranya:
Gagne meyebutkan ada 3 prinsip pembelajaran yang efektif, yaitu:
1. Memberikan pembelajaran
2. Memastikan bahwa tugas yang diberikan itu dikuasai
3. Sekuensi tugas yang dikerjakan.
Dari pengalaman di atas, gossip tentang style belajar bu Rika yang beredar di kampus itu memberikan suatu pembelajaran kalau para mahasiswa wajib belajar dengan extra sebelum belajar dengan bu Rika. Kemudian gossip itu sangat dikuasai dan dipahami oleh para mahasiswa. Kemudian akan ada konsekuensi dari proses pembelajaran yang terjadi. Kalau kita mempersiapkan bahan kuliah dengan baik, maka kita tak akan keluar dari kelas. Namun, kalau kita tidak memahami bahan ajar di kelas, maka siap-siap kita akan dipersilahkan meninggalkan ruangan kelas.
Selain itu, pengalaman di atas juga bisa kita bahas memakai teori belajar classical conditioning. Tentang stimulus dan respon nya. Tanpa disadari cerita-cerita dari senior tentang sistem belajar bu Rika menjadi sebuah stimulus yang menghasilkan respon para mahasiswa menjadi lebih rajin membaca sebelum belajar. Kemudian secara kognitif rasa takut yang terjadi akan membuat para mahasiswa juga lebih mempersiapkan segala hal sebelum belajar dengan bu Rika.  

0 komentar:

Posting Komentar