Di semester 5 ini, saya
mengambil mata kuliah psikologi sosial menyimpang. Pada susunan jadwal akademik
yang sudah beredar, mata kuliah itu diampu oleh Bu Rika. Gosip-gosipnya nih,
kalau bu Rika yang mengajar maka akan banyak pertanyaan yang diberikan oleh
beliau. Selain itu juga ada konsekuensinya kalau kita tidak bisa menjawab
pertanyaan yang diberikan oleh bu Rika maka Bu Rika tidak akan segan-segan
untuk mengeluarkan kita dari kelasnya. Hal inilah yang membuat seluruh
mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut harus belajar extra dalam
memahami pembahasannya, yaa kalau nggak
mau diusir dari kelas J
Selain itu, gossip yang beredar juga mengatakan kalau ada aura yang tidak biasa
yang membuat para mahasiswa sedikit “deg-degan” kalau kuliah dengan bu Rika. Namun,
setelah 2 kali pertemuan dengan mata kuliah ini, bu Rika belum pernah mengajar
di kelas saya. Tetapi yang pasti, gossip yang beredar itu membuat para
mahasiswa lebih serius lagi dalam belajar.
*Tulisan
ini tidak bermaksud menjelekan seseorang ataupun kelompok, semua ini ditulis
hanya untuk kepentingan pembelajaran.
Setelah menganalisis
pengalaman yang telah dituliskan di atas. Dapat diambil beberapa teori
pembelajaran dari Robert Gagne, diantaranya:
Gagne meyebutkan ada 3
prinsip pembelajaran yang efektif, yaitu:
1. Memberikan
pembelajaran
2. Memastikan bahwa
tugas yang diberikan itu dikuasai
3. Sekuensi tugas yang
dikerjakan.
Dari pengalaman di
atas, gossip tentang style belajar bu
Rika yang beredar di kampus itu memberikan suatu pembelajaran kalau para
mahasiswa wajib belajar dengan extra sebelum belajar dengan bu Rika. Kemudian
gossip itu sangat dikuasai dan dipahami oleh para mahasiswa. Kemudian akan ada
konsekuensi dari proses pembelajaran yang terjadi. Kalau kita mempersiapkan
bahan kuliah dengan baik, maka kita tak akan keluar dari kelas. Namun, kalau
kita tidak memahami bahan ajar di kelas, maka siap-siap kita akan dipersilahkan
meninggalkan ruangan kelas.
Selain itu, pengalaman di atas juga bisa kita
bahas memakai teori belajar classical conditioning. Tentang stimulus dan respon
nya. Tanpa disadari cerita-cerita dari senior tentang sistem belajar bu Rika
menjadi sebuah stimulus yang menghasilkan respon para mahasiswa menjadi lebih
rajin membaca sebelum belajar. Kemudian secara kognitif rasa takut yang terjadi
akan membuat para mahasiswa juga lebih mempersiapkan segala hal sebelum belajar
dengan bu Rika.
0 komentar:
Posting Komentar