Nama Anggota
Teori
Belajar Gagne
Keterampilan,
apresiasi, dan penalaran manusia dengan semua variasinya, dan juga harapan,
aspirasi, sikap, dan nilai-nilai manusia, umumnya diakui bahwa perkembangannya
sebagian besar bergantung pada peristiwa yang disebut dengan belajar. (Gagne,
1985, h.1)
Gagne
itu siapa ya?
Robert Gagne adalah seorang
direktur laboratorium yang meriset latihan-latihan personal perlengkapan
elektronik. Beliau lahir pada tahun 1916 di North Andover
dan meninggal tanggal 28 April 2002. Beliau mendapatkan gelar A.B. pada Yale
tahun 1937 dan pada tahun 1940 mendapat gelar Ph.D. dalam Psychology dari
Universitas Brown. Mengajar pada Connecticut College for Women dari 1940-1949
dan kemudian pada Penn State University dari 1945-1946. Antara 1949-1958, Gagne
menjadi direktur “perceptual and motor skills laborartory” dari U.S. Air force.
Pada saat itu dia mulai mengembangkan beberapa idenya yaitu teori belajar yang
disebut "The Conditions of
Learning".
Prinsip Belajar
Gagne
berpendapat bahwa belajar adalah faktor kausal penting dalam perkembangan.
Belajar manusia bersifat kumulatif, kompleks dan beragam. Belajar menghasilkan
disposisi yang dipertahankan yang dibuktikan oleh kinerja teretentu. Hasil dari
belajar disebut kapabilitas. Proses belajar adalah proses kognitif yang memproses
informasi dilingkungan menjadi berbagai macam kapabilitas. Gagne melihat proses
belajar mengajar dibagi menjadi beberapa komponen penting yaitu :
1. Fase – fase pembelajaran seperti (1) Receiving the stimulus situation (apprehending), (2) stage of acquistion, (3) storage, (4) retrival.
2. Kapabilitas manusia dari hasil belajar
(outcomes) seperti : informasi verbal, keterampilan intelektual, keterampilan
motorik, sikap dan strategi kognitif.
3. Kondisi atau tipe pembelajaran seperti
kondisi internal dan eksternal atau lebih terperinci seperti signal learning, stimulus-respon learning,
chaining, verbal association, discrimination learning, concept learning, rule
learning, problem solving.
4. Kejadian-kejadian instruksional seperti
: persiapan belajar, akuisisi dan kinerja, transfer belajar,
Kerangka
Belajar
Terdiri dari 3 komponen utama, yaitu : (a) sistem untuk
menjelaskan diversitas kapabilitas manusia; (b) proses pemerolehan kapabilitas;
(c) langkah-langkah dalam pembelajaran yang mendukung setiap langkah dalam
belajar.
Prinsip
Pembelajaran
Belajar
dapat terjadi baik karena ada ataupun tidak adanya kegiatan pembelajaran akan
tetapi masing-masing tahapan belajar yang diidentifikasikan oleh Gagne mungkin
dipengaruhi oleh kejadian diluar diri si pembelajar. Ketika dirancang dengan
cermat untuk mendukung belajar, maka kegiatan eksternal itu dinamakan kegiatan
pembelajaran. Kegiatan eksternal ini tidak menimbulkan aktivitas belajar mereka
hanya dapat mendukung pemrosesan internal pembelajar.
Tiga
prinsip dari pembelajaran yang efektif yang disebutkan oleh Gagne dalam
analisis tugas latihan adalah: (a) memberikan pembelajaran mengenai seperangkat
tugas-tugas komponen yang diarahkan untuk membangun tugas final; (b) memastikan
bahwa setiap tugas komponen dikuasai; dan (c) sekuensi tugas komponen untuk
memastikan transfer yang optimal ke tugas final (Gagne, 1962a, 1962b).
Aplikasi
Pendidikan
Adapun aplikasi teori Gagne dalam dunia pendidikan seperti isu
kelas yakni membahas beberapa isu penting dalam kelas, motivasi dengan
mendesain pembelajaran yang efektif mencakup identifikasi motif siswa dan
penyaluran motif itu ke kegiatan yang produktif dalam rangka mencapai tujuan
belajar, transfer belajar, pengajaran pemecahan masalah, mengembangkan strategi
kelas, merancang pelajaran.
Kesimpulan
Proses belajar manusia tidak hanya dipengaruhi oleh stimulus
respon. Namun dipengaruhi oleh faktor kognitif dan dapat dilihat dari
kapabilitas manusia itu setelah belajar dari peristiwa yang dialaminya.
Sumber:
Gredler, Margaret E. (2011). Learning
and Instruction Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
0 komentar:
Posting Komentar