Masih banyak orang
yang berpendapat kalau belajar adalah suatu proses yang membosankan. Hingga akhirnya
sering rasa kantuk hadir saat belajar. Selain membosankan belajar juga kalah
pamor dengan bermain. Padahal kalau kita tahu teknik belajar yang sesuai dengan
kita, belajar menjadi ajang yang bisa mengalahkan bermain.
Hal ini dibuktikan
pada kuliah psikologi belajar yang
membahas tentang teori B.F Skinner. Kuliah psikologi belajar memberikan
pemahaman bahwa belajar itu tak melulu memegang pulpen atau buku. Tetapi,
belajar adalah suatu proses membuat yang belum faham menjadi faham. Jadi tak
hanya dengan textbook kita bisa
belajar.
Skinner juga
berpendapat kalau belajar adalah sebuah proses membuat perilaku baru yang
diharapkan. Perilaku baru yang diharapkan bisa terwujud dengan adanya reward atau punishment sebagai reinforcementnya/penguat.
Namun sebelum itu stimulus harus diberikan agar respon yang kita harapkan
terbentuk.
Kalau kita
hubungkan teori B.F Skinner dengan kuliah psikologi belajar, beberapa lembar
kertas adalah stimulus yang diberikan ke mahasiswa. Sedangkan respon yang
diharapkan adalah sebuah produk yang bermakna. Banyak sekali produk yang
dihasilkan, beraneka ragam dan bervariasi makna. Tetapi yang pasti proses
belajar terjadi disini. Bagaimana tidak, beberapa kertas yang umumnya hanya
digunakan untuk menulis ternyata bisa menjadi barang lain yang berlainan
fungsi. Misalnya saja kertas itu menjadi sebuah kado, bingkai foto, atau sebuah
kapal seperti punya saya. Bukankah itu sudah menjadi perilaku baru dari sebuah
kertas? Yaa.. kita telah mengamalkan teori B.F Skinner disini.
Selain itu dipilih
3 produk terbaik dari 2 tim yang berbeda untuk menjadi produk terbaik pilihan
mahasiswa. Kemudian yang terbaik ini diberikan hadiah/reward. Pasti orang yang medapatatkan reward itu bisa lebih semangat lagi dalam mengembangkan
kreatifitasnya.
Nah, ternyata
belajar juga bisa asyik ya kalau kita tahu caranya. Semangat belajar!
0 komentar:
Posting Komentar